.

.

Minggu, 16 Februari 2014

platypus anak bebek atau berang - berang??



pernah liat anjing setengah kucing? jadi kalau siang suaranya guk, guk, guk tapi kalau malam meong, meong!! ato pernah liat ikan setengah manusia? jadi kepalanya ikan (ikan lele) tubuhnya manusia? ato bahkan kambing setengah kuda?? tapi kudanya kuda lumping, jadi makannya bukan rumput tapi beling!! hehe, mungkin mahkluk - mahkluk itu hanya ada di dalam dunia khayalan kita saja. Tapi ada nih hewan yang keliatanya keturunan dari dua jenis hewan yang berbeda. Siapakah dia?? dialah PLATYPUS..!! Nama platypus berasal dari kata Platus yang berarti luas, lebar dan datar serta pous yang berarti kaki.
platypus memiliki keunikan dimana ia memiliki bentuk tubuh dan ekor yang menyerupai berang - berang, namun memiliki paruh seperti paruh bebek. Kakinyapun berselaput kayak kaki bebek. Hmm.. apakah orangtua platypus ini berasal dari hubungan gelap antara bebek dan berang - berang?? jawabanya tidak..!! platypus berbeda dengan bebek dan berang - berang. Hewan yang memiliki nama latin Ornythorhynchus anatinus ini tinggalnya di daerah timur Australia termasuk tasmania. Dan Si Mr.Platypus ini habitatnya di lingkungan sungai, danau, atau bendungan bikinan manusia. Ia merupakan hewan monotremata, maksudnya dia cuma punya satu saluran yang sama untuk tempat buang air dan untuk reproduksi. Cara reproduksi platypus sendiri adalah dengan cara bertelur, tapi dia dianggap mamalia karena dia menyusui anak - anaknya. Terus kalau boleh tau makananya Mr.Platypus itu apa?? nasi rames?? gudeg?? pecel?? sayur lodeh?? jawabanya bukan..!!, platypus nggak makan itu, soalnya disana ga ada warteg atau yang jual begituan, hehe. Platypus merupakan hewan karnivora atau pemakan daging. Makanan favoritnya adalah cacing, larva serangga dan udang. Ia biasa mencari makanan di dasar air, dan karena kakinya yang berselaput, itu menjadikanya mudah untuk berenang. Saat menyelam, telinga dan mata platypus secara otomatis akan tertutup, sehingga ia memakai moncong bebeknya itu untuk membantunya menentukan arah. Selain kakinya yang berselaput kakinya juga punya cakar yang digunakan untuk menggali lubang, atau membuat liang untuk tempat tinggalnya. Kasian ya, kenapa harus tinggal di liang?? kenapa nggak di perumahan elit??, entahlah. Platypus ini juga termasuk hewan yang suka tidur, dalam sehari ia bisa menghabiskan waktu 14 jam untuk tidur.
Meskipun hewan ini terlihat unik menarik dan nyentrik, tapi perlu diketahui bahwa platypus adalah hewan yang berbahaya..!! Sebab platypus memiliki sebuah taji beracun di tumit kaki belakangya. Denger - denger, racunya bisa membunuh satu ekor anjing kecil, tapi racun itu hanya memberikan efek kesakitan yang luar biasa bagi manusia, sakitnya bahkan bisa sampai berbulan - bulan. Hmm.. serem juga ya, diam - diam platypus menakutkan, tapi walaupun begitu platypus tetap dianggap sebagai hewan yang imut dan unik. Di alam liar sendiri usia rata - rata platypus bisa mencapai 12 tahun.
Hmm... platypus emang bener - bener hewan yang waaw deh, oke sekian dulu ya, semoga tulisan tentang platypus ini bisa menambah wawasan serta kepedulian kita terhadap lingkungan supaya kita mau merawat flora dan mencintai fauna di sekitar kita, salam white blog :)

1 komentar: