.

.

Minggu, 22 Desember 2013

COKLAT MAKANANYA DEWA??

apa temen2 suka coklaaat?? roti coklat?? susu coklat?? ice cream coklat?? hmm, mungkin hampir semuanya akan menjawab iya, hehe. Itu Karena rasanya yang enak dan manisss. Dari makanan - makanan yang udah disebutin tadi, semuanya berbahan dasar coklat. Nah, Ngomongin soal coklat niyh, kali ini WB mau ngebahas lebih jauh tentang coklat.
Coklat dibuat dari proses pengolahan biji kakao (Theobroma cacao). Nama coklat sendiri berasal dari suku aztec yang kala itu menyebutnya dengan Xocolati, yang berarti "minuman pahit", memang pada mulanya cokelat hanya berbentuk cair. Sedangkan nama Theobroma cacao diambil dari bahasa yunani, dimana Thebroma berarti "FOOD OF GOOD"?? alias makananya para dewa, berarti klo kita makan coklat udah kayag dewa aja ya, wkwk. Oke kita lanjut, sekarang kita ngomongin sejarahnya dimana coklat pada jaman dulu sangat digemari oleh para bangsawan suku maya dan suku aztec. Ramuan coklat saat itu dicampur dengan rempah-rempah, cabe, lada, dan sebagainya. Suku aztec saat itu tak hanya menjadikan kakao sebagai makanan tetapi juga menjadikan biji kakao sebagai alat tukar perdagangan yang bernilai tinggi. Coklat mulai dikenali bangsa eropa ketika Hernan cortes mengunjungi meksiko dan mulai memperkenalkan coklat pada raja barcelona kala itu. Darisitu Coklat mulai dikenal di daerah eropa yang lainya. Coklat yang awalnya berbentuk cair dan pahit mulai dikembangkan sehingga rasanya menjadi lebih manis dan bentuknyapun tak hanya cair namun ada yang batangan. Lalu apa sih manfaat - manfaat yang ada pada coklat tuh?? nah manfaat coklat tuh banyak banget temen2, dari sebagai antioksidan, menghindari darah tinggi, menaikan mood dan menhilangkan setres, terus mencegah beberapa penyakit seperti serangan jantung, penyakit hati, stroke, batuk dan katanya si coklat ni bisa menjadikan kita awet muda!!. Wah - wah dengan manfaat - manfaat coklat yang begitu banyak nggak salah klo disebut "makanan dewa"!!!, hihihi...




thanks for sumber informasinya :)
http://www.kumpulansejarah.com/2013/06/sejarah-coklat-manfaat-coklat.html
http://azka-muslim-collections.blogspot.com/2012/09/pengertian-coklat-dan-proses-pengolahan.html
http://www.citrawanita.com/fakta-unik-tentang-coklat/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar