.

.

Senin, 22 September 2014

SISTEM ANALIS

Sistem Analis adalah seorang profesional di bidang IT yang memiliki kemampuan untuk membuat atau mengembangkan suatu rancangan sistem yang ada dalam organisasi ataupun dunia bisnis komputer. Lebih jelasnya secara umum seorang analis system adalah seorang yang dapat :

1. memeriksa sistem dan model bisnis TI yang ada.
2. menerjemahkan kebutuhan klien kedalam projek.
2. menganalisis kebutuhan sistem.
3. melakukan pengembangan produk.
4. mengimplementasikan dan mengkonfigurasi sebuah solusi yang tepat.
5. memahami daur hidup software.
6. sebagai pihak perantara antara pengembang produk dan klien.

terkadang seorang analis Sistem harus menguasai ilmu di beberapa bidang untuk membantunya seperti, ilmu komputer, manajemen informasi dan lain sebagainya. keterampilan lain yang mesti dikuasai sistem analis adalah, mereka harus pandai dalam melakukan komunikasi. Sebab pekerjaan sistem analis membutuhkan kerja tim atau mungkin sebagian klien masih merasa asing dengan teknologi sehingga ia harus dapat menjelaskanya dengan baik.

Seorang sistem analis harus dapat memutuskan alat dan bahan apa saja yang mereka butuhkan dengan memperhatikan batasan - batasasan tertentu seperti komputer, software dan sebagainya. Tak jarang seorang analis sistem bekerjasama dengan progarmer yang ada untuk membuat sebuah software baru.

langkah pertama yang dilakukan oleh seorang sistem analis dalam pekerjaanya adalah menanyakan pada organisasi / perusahaan rancangan komputer seperti apa yang bisa membantu menyelesaikan tugas mereka. Kemudian setelah itu analis sistem mulai membuat sistem supaya komputer dapat membantu tugas - tugas mereka. Pada langkah ini diperlukan beberapa komputer dan software serta beberapa alat teknologi lainya.

Setelah itu tugas - tugas yang ada dipecah lagi menjadi bagian - bagian yang lebih spesifik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggambarkan diagram dan grafik untuk mennjukan bagaimana suatu informasi dapat masuk kedalam sistem, bagaimana ia diproses hingga dapat dibagikan pada orang - orang yang membutuhkanya. Contohnya adalah seorang analis sistem membuat sistem pada suatu toko dimana ia dapat menyusun data mentransfer data penjualan. Dengan cara ini akan membantu tugas manajer toko. Dia harus memastikan bahwa sistem harus bekerja sesuai rencana. Dia bisa saja merubah atau memperbaiki rencana yang ada untuk menemukan cara yang lebih efisien lagi.


http://www.prospects.ac.uk/systems_analyst_job_description.htm
http://www.wisegeek.com/what-does-a-systems-analyst-do.htm

1 komentar: