.

.

Selasa, 20 Agustus 2013

keunikan dan manfaat lebah



Assalamualaikum teman - teman "WB", kali ini "WB" mau bahas seputar keunikan lebah dan manfaatnya. Lebah adalah hewan penghasil madu yang hidup berkoloni atau berkelompok. Lebah merupakan suku atau familia "Apidae" dan berordo Hymenoptera / serangga bersayap selaput. Lebah membangun sarangnya di atas bukit, pohon kayu, dan atap rumah. Madu yang dihasilkan lebah berasal dari nektar dan serbuk sari bunga yang diambil para lebah pekerja. Banyak sekali manfaat madu yang berguna bagi manusia, terutama di bidang kesehatan. Madu dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit karena di dalam madu terdapat banyak kandungan vitamin, karbohidrat dan mineral.
Selain madu, lebah memiliki keunikan dimana dia mampu menggepakan sayapnya hingga 200 kali perdetik, ini menguatkan teori lama dimana semakin kecil tubuh serangga maka kepakan sayapnya semakin banyak. Lebah juga mampu terbang sejauh 45 km dengan kecepatan rata-rata 65km/jam sambil membawa nektar yang beratnya mungkin sama dengan berat tubuhnya.Hal ini menjadikan inspirasi dari beberapa ilmuwan untuk membuat pesawat kargo.Tak sampai disitu, bentuk sarangnyapun unik, berbentuk hexagonal / segi enam yang teratur dan dibuat dari sejenis lilin yang disebut propolis (semacam perekat getah pohon).Desain sarang lebah juga diterapkan dalam membangun sebuah bangunan karena sifatnya yang ringan dan kokoh.
jika dilihat, koloni lebah terbagi dari beberapa kasta / kelas dengan tugasnya masing - masing, yaitu: 
- lebah ratu, sebagai induk dari semua lebah didalam sarang, jumlahnya hanya satu, usianya berkisar antara 3 - 7 tahun
- lebah pejantan, bersifat pemalas, jumlahnya ratusan dan satu diantaranya akan membuahi sang ratu, kemudian meninggal, hehe.usianya bisa mencapai 90 hari
- lebah pekerja, merupakan lebah betina yang tidak bisa bertelur karena ovumnya tidak sempurna.jumlahnya ribuan.Lebah inilah yang mencarikan nektar pada bunga dan terkadang tugasnya jadi baby sister para bayi lebah.usianya sekitar 42 hari.
alasan kenapa lebah ratu bisa memiliki usia hampir 50 kali lebih panjang dari yang lainya, karena lebah ratu mempunyai makanan khusus yang disebut royall jelly. royall jelly mengandung bahan penghambat penuaan, tidak hanya untuk lebah tapi juga untuk manusia.
Di mesir sendiri madu sudah digunakan sejak 3500 tahun yang lalu, bahkan disana dahulu kala terdapat peraturan adat dimana seorang pria yang ingin menikah, harus memberikan madu satu kuali untuk sang wanita karena madu dianggap simbol kelanggenan, dan mungkin dari situlah istilah "bulan madu" muncul, hehe.

Begitulah keunikan dan manfaat lebah yang besar, yang mungkin karena itu sampai - sampai Allah swt menurunkan surat khusus untuk lebah dalam Al - Quran, yaitu surat An-Nahl yang berarti "lebah". Manfaat lebah juga dijelaskan dalam surat An - Nahl ayat 68 - 69
Allah berfirman (68):

  وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ
artinya: "Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: Buatlah sarang - sarang di bukit - bukit, di pohon - pohon kayu, dan ditempat - tempat yang dibikin manusia."
(ayat 69):
ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ 
لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
 artinya: kemudian makanlah dari tiap - tiap buah - buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam - macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.Sesungguhnya yang demikian itu benar - benar terdapat tanda (Kebesaran Tuhan) bagi orang - orang yang memikirkan.

demikian ulasan tentang lebah oleh "WB", semoga bermanfaat, terimakasih juga buat sumber informasinya;
- http://turatea-berita.blogspot.com/2006/01/kepak-sayap-lebah.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Lebah
- http://arman-08up.blogspot.com/2007/08/mengenal-koloni-lebah-madu.html



3 komentar: