.

.

Sabtu, 13 April 2013

BULAN



Assalamualaikum semuanya temen2, aku mau membahas informasi seputar “Bulan”.Ada yang nggak tahu bulan itu apa?? Bulan adalah istrinya pak-lan, hehe (bercanda).Bulan adalah salah satu satelit alami yang dimiliki oleh bumi. Menurut wikipedia niyh, Diameter Bulan sendiri kira-kira mencapai 3.474 km,sedangkan Massa jenisnya 3,4 g/cm³ dan lebih ringan dibanding massa jenis Bumi yang mencapai 5,5 g/cm³, sedangkan massa Bulan hanya 0,012 dari massa Bumi. Bulan memiliki gaya gravitasi 17 persen dari gaya gravitasi bumi, Ini berarti bumi memiliki gaya tarik lebih besar dari bulan.Meskipun demikian bulan tidak akan jatuh ke bumi dikarenakan gaya sentrifugal ( yaitu gaya dorongan menjauh dari sumbe rotasi ) bulan sedikit lebih besar dari gaya tarik menarik antara bumi dan bulan.Tapi ini juga menyebabkan bulan akan menjauh dari bumi dengan kecepatan rata – rata 3,8 cm/tahun.Dan menurut para ahli, kecepatan itu akan bertambah hingga akhirnya bulan benar-benar terlepas dari orbit bumi.Katanya sih bulan yang kita lihat sekarang berbeda dengan bulan dimasa lampau, dimana bulan dimasa lampau terlihat 15 kali lebih besar dari bulan yang kita lihat sekarang. Di bulan terdapat banyak kawah yang berukuran besar dan dalam dimana kawah tersebut terbentuk karena adanya hantaman benda langit seperti komet ataupun asteroid terhadap bulan. Di antara kawah yang ada, kawah terbesar bernama "Clavius" dengan diameter 230 kilometer dan kedalaman 3,6 kilometer.

Pada situs antariksainfo.com mengatakan Dari hasil simulasi komputer menunjukkan sekitar 10 persen dari planet-planet di jagad raya ini mempunyai bulan berukuran besar. Sedangkan manfaat bulan bagi planet – planet, terlebih planet kita sendiri yaitu bumi adalah, bahwa bulan sebagai penyeimbang gerak rotasi dan iklim di bumi.Apabila bulan tidak ada, mungkin gerak rotasi dan iklim yang ada di bumi akan ini menjadi kacau.Wah..wah… ternyata bulan begitu penting bagi kita ya temen2??.
Oke itu tadi informasi seputar bulan semoga bermanfaat, sekarang aku mau kencan dulu sama neng wulan, wkwkwk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar